Sabtu, 14 Februari 2009

lagu2 bermain anak2

Hompimpah alaium gambreng !

Lagu ini dinyanyikan anak-anak saat akan memulai permainan . Karena banyaknya anak yang ingin ikut main , supaya adil , mereka menyanyikan lagu ini sambil memainkan tangan . Siapa yang tangannya berbeda dari yang lain (saat lagu selesai) dialah yang menang , dan begitu seterusnya sampai tersisa 2 anak yang nantinya anak itu akan pingsut-ala jawa, ibu jari (gajah) , telunjuk (orang) , kelingking (semut) .
semut vs gajah = semut . semut vs orang = orang . gajah vs orang = gajah .
yang kalah , dialah yang jaga (kalau bermain petak umpet , kalau bermain kejar-kejaran , dia yang harus mengejar teman-temannya)
..
mbang-mbang tut jendela uwo-uwo . Sapa wani ngentut ditembak raja tuwo . ning kali ngiseni kendi . jeruk purut wadah entut .

Lagu ini dinyanyikan saat anak-anak ingin mendapatkan salah satu dari mereka yang nantinya akan menjaga (kalah) . Siapa yang ditunjuk saat lagu selesai , dialah yang kalah dan dia yang harus jaga/jadi .
..
cang-kacang panjang yang panjang jadi .
versi 2 :
cang-kacang panjang yang panjang gak jadi .
versi 3 :
cang-kacang panjang yang gak panjang jadi .
versi 4 :
cang-kacang panjang yang gak panjang gak jadi .

lagu ini sama seperti di atas , hanya saja semua anak melingkar dan saat lagu dinyanyikan mereka menarik-mengulurkan tangan mereka sampai lagu selesai . Sesuai dengan perintah yang dinyanyikan , bagi yang tidak berkonsentrasi , nantinya yang tidak sesuai dengan lagu , dialah yang jadi .
..
ikan mas keluar ada emas di luar digigit ular .

lagu ini juga dinyanyikan untuk menyeleksi siapa diantara anak-anak yang harus jaga . semua melingkar dan biasanya menggunakan kaki (menghitungnya) . jadi saat lagu ini dinyanyikan , mereka menghitung dengan kaki . bagi yang pertama ditunjuk dia keluar (berarti aman) . yang terakhir pingsut . yang kalah , dialah yang jaga .
..
cublak-cublak suweng , suwenge ting gelenter . mambu ketundung gudhel . tak empong lera-lere sapa ngguyu ndhelikake . sir-sir pong dhele gosong , sir-sir pong dhele gosong .
versi 2 :
cublak-cublak suweng , suwenge ting gelenter . mambu ketundung gudhel . tak empong lera-lere sapa ngguyu ndhelikake . sir-sir pong udhele bodhong , sir-sir pong udhele bodhong .

lagu ini dinyanyikan saat anak-anak (biasanya perempuan) bermain "cublak-cublak suweng" . Cara bermainnya mudah , setelah menyanyikan lagu "hom-pim-pah" , yang kalah tertelungkup (seperti sujud tapi bagian punggungnya rata) . lalu anak-anak yang lainnya memutari yang tertelungkup (yang jadi) . Menggunakan benda kecil (bisa batu atau semacamnya) untuk disembunyikan di salah satu tangan anak-anak itu saat bernyanyi . setelah lagu selesai , anak yang jadi tadi diharuskan menebak siapa yang membawa benda tadi . kalau tebakannya salah , dia harus jadi lagi . tapi kalau tebakannya benar , anak yang membawa benda tadi bergantian untuk jadi .
..
jamuran yo ge-ge thok , semprat-semprit jamur apa mbak yuu?

lagu "jamuran" ini dinyanyikan anak-anak perempuan. cara bermainnya mudah , setelah menyeleksi pemain (yang jadi) , mereka tinggal bergandengan tangan (melingkar, mengelilingi anak yang jadi ) , lalu menyanyikan lagu ini . lalu anak yang jadi tadi disuruh memilih , ingin jamur apa . Ada jamur kelapa parut (kaki anak-anak lainnya digelitikin , bagi yang tertawa atau tidak tahan , jadi) , jamur bunga (semua anak menaruh tangan depan muka dengan masing-masing tangan berhimpit rapat . lalu anak yang jadi seolah-olah menyirami bunga tersebut , anak yang tangannya disirami tadi harus membuka tangannya secara perlahan . jika sudah terbuka , anak yang jadi tadi harus membelah kedua tangan anak yang disirami tadi dengan tangannya sendiri . jika terbelah , anak yang disirami tadi jadi . kalau tidak , maka anak yang jadi tadi harus jaga lagi) , jamur kupu-kupu , jamur lilin , jamur telepon umum , jamur kulkas dan mungkin masih banyak , tapi saya lupa . hehehe!
..
sok-sok pari ambruk , sapa ngesuk bojone petruk .
versi 2 :
sok-sok pari ambruk, sapa ngesuk bojone limbuk . Limbuk ketekuk-tekuk, ning ngisor wit jeruk diambung petruk .

lagu ini dinyanyikan jika dalam keadaan yang ramai . dengan cara merapatkan tubuh dan lengan saling berhimpitan . lalu ketika lagu ini selesai dinyanyikan , ada yang ambruk atau jatuh , dia yang kalah , biasanya hanya ditertawakan .
..
sobyong .

permainan ini dilakukan oleh minimal 2 anak . hanya membutuhkan jari tangan, otak dan mulut . cara bermainnya mudah , kita tinggal menurunkan atau mengeluarkan jari tangan sesuai keinginan kita sambil bersama-sama mengucapkan "sobyong" , lalu salah satu menghitung sesuai tangan yang dikeluarkan menggunakan abjad . (a, b, c, d, ...) . tapi sebelumnya kita menentukan , tema apa yang akan kita ucapkan nantinya (manusia, hewan, buah-buahan, atau apa saja) . lalu misal jari yang saya keluarkan 3 = (a, b , c) lalu Anda mengeluarkan 4 jari = (d, e , f, g) . huruf terakhir adalah huruf G . Berarti (misal kita memilih nama-nama orang) , kita harus memilih nama-nama orang yang memiliki huruf depan G (gito misalnya) . Bagi yang tidak sanggup menjawab hingga 5 detk , orang itu akan diberi hukuman (diputuskan oleh pemain) .
...
banyak sekali lagu-lagu mainan anak . hanya saja karena perkembangan zaman , anak-anak sudah enggan menyanyi bersama dan bermain keluar rumah . mereka lebih memilih bermain di dalam rumah dan umumnya sekarang anak TK pun sudah punya HP dan bahkan ada yang sudah mehir bergulat dengan laptop . ckckckck ...
mari kita bersama-sama mengajari adik-adik kita lagu-lagu ini . Supaya mereka tidak hanya mahir pada dunia maya , tapi mereka juga menjadi anak-anak yang "UTUH" .
bagi teman-teman yang punya pengetahuan tentang lagu-lagu anak , silakan kirim ke email saya .
terimakasih .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar