Jumat, 27 Juli 2012

Kopi, Ketenangan, Kesabaran, dan Definisikan Sendiri

Kali ini saya mau bahas tentang kopi. Yup kopi adalah salah satu minuman kesukaan saya. Saya mau sharing tentang kesukaan saya sama kopi. Masa-masa SMA kelas dua adalah masa-masa awal saya mulai mengagumi dan menikmati kopi. Saat itu saya hampir setiap hari nongkrong di kedai kopi teman saya yang bernama Rock'a Coffee. Varian kopi disana lumayan lengkap, ada kopi robusta, flores, wamena, dan toraja.

Sesuatu yang membuat saya menikmati kopi adalah saat teman saya meracik kopi tersebut. Gapernah capek nggiling kopi dengan cara  diputer. Sangat konvensional tapi itulah yang membuat kita lebih menikmati kopi tersebut. Satu lagi yang membuat saya menyukai kopi. Disana saya bisa bereksperimen sesuka saya untuk men-campur aduk-kan bahan bahan disana. Banyak sekali resep-resep baru berbahan dasar kopi yang diciptakan disana. Saya sendiri penikmat kopi toraja. Kopi ini memiliki rasa yang berbeda dari kopi lainnya menurut saya. Rasa pahit nya membuat saya relax, dan saya pun enggan menambah banyak gula kedalam kopi ini.

Definisi kopi menurut saya adalah ketenangan. Ketenangan karena ketika kita meminum kopi kita akan merasa relax. Saat kita sedang banyak pikiran, ambillah secangkir kopi dan pergilah ketempat yang unik dan nyaman atau pergi ke kedai kopi. Disana kita akan bersahabat dengan kopi dan kopi akan menenangkan kita.

Definisi yang selanjutnya adalah kesabaran. Mengapa saya katakan kesabaran? Pada dasarnya rasa kopi adalah pahit. Rasa pahit inilah yang saya maksud kesabaran. Bukan sekedar sabar menahan rasa pahit, kita bisa saja membubuhi banyak gula agar tidak terlalu pahit. Kesabaran disini adalah kita bisa belajar menghadapi suatu masalah (pahit) dengan penuh kesabaran dan ketenangan hati. Kita nikmati saja masalah itu. Hal ini mungkin bisa menjadi sebuah terapi bagi diri sendiri agar tidak terlalu stres dalam menghadapi masalah.

Mungkin hanya itu definisi kopi menurut saya. Semua nya itu adalah definisi pribadi saya, apabila ada yang memiliki definisi lain bisa di share.

"Hadapi Masalah Dengan Kesabaran dan Ketenangan"

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus